ketika aku memilih berbicara lewat tulisan...

Tuesday, February 16, 2016

B E K I C O T



            Bekicot banyak kita jumpai pada musim hujan. Memang pada musim kemarau pun kita kadang bisa menjumpai bekicot. Tapi itu hanya beberapa dan kadang sulit untuk di cari. Namun kedatangan bekicot pada musim hujan tidak kita hiraukan, bahkan kadang kita meremehkannya. Ya, kita menganggap bahwa bekicot itu hanyalah seekor binatang yang lemah, seekor binatang yang berjalan lambat, dan seekor binatang yang menjijikkan karena badannya berlendir.
            Tapi tahukah kamu? Di balik semua itu, bekicot mempunyai keunggulan dibandingkan hewan-hewan ternak seperti kelinci,sapi, ayam, kerbau, dan puyuh. Bekicot mempunyai keunggulan pada kandungan gizi yang dimilikinya terutama protein. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat tabel di bawah ini:
Nama hewan               Protein             Lemak             Kalsium
Bekicot                        64,13 gr           2,92 gr             6,93 mg
Kelinci                         20 gr                6,2 gr               10 mg
Sapi                             19,2 gr             11,95  gr          7 mg
Ayam                          20 gr                5 gr                  10 mg
Kerbau                        20 gr                5 gr                  7 mg
Puyuh                          21,1 gr             7,7 gr               1,0 mg
            Nah, itulah keunggulan gizi bekicot. Bekicot mengandung protein 3x lipat protein ayam yang sering kita makan. Selama ini kita tidak pernah menyangka bahwa seekor bekicot ternyata mempunyai 64,13 gr protein.
            Setelah kita tahu kandungan gizi bekicot, sekarang kita perlu tahu darimana bekicot itu berasal. Bekicot berasal dari Afrika Timur dan datang dari Kepulauan Mauritius, India lalu ke Malaysia dan sampai ke Indonesia. Bahasa latin bekicot adalah Achatina Fulica dan dalam ilmu hayat kelas Gastro Poda (Gastro=perut dan Poda=kaki, jadi Gastropoda = berkaki perut).
            Itulah beberapa keunggulan dari bekicot. Dan…satu pesan dariku ‘Janganlah teman-teman menilai sesuatu dari luarnya saja, karena semua makhluk ciptaan Tuhan pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan”.


Sumber : Sebuah buku, saya lupa apa judul dan siapa penulisnya waktu itu. Terimakasih untuk ilmunya :)

*Tulisan ini aku buat sekitar sepuluh tahun yang lalu, saat masih duduk di kelas 1 SMP. Sempat di muat di Majalah Kandela, Tegal :)


#OneDayOnePost
#FebruariMembara
#16 Feb


2 komentar:

  1. Bekicot yang lambat itu saja bisa menempuh jarak yang sangat luar biasa terlepas bagaimana caranya. Patut dicontoh. Hihihi

    ReplyDelete

© Liana's Blog, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena